SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
Keywords:
Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja GuruAbstract
Kepala sekolah memiliki kewajiban memberikan supervisi terhadap gurunya dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah, karena salah satu dari kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah adalah kompetensi supervisi Kepala sekolah sebagai supervisor di sekolah yang dipimpinnya maka harus memastikan ada program peningkatan profesionalisme gurunya dan melaksanakan supervisi untuk peningkatan mutu pembelajaran dengan pendekatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan gurunya serta menindaklanjuti apa yang di dapat dari supervisi tersebut Salah satu tugas atau fungsi kepala sekolah itu adalah mensupervisi gurunya sehingga dengan menjalakan fungsinya sebagai kepala sekolah dengan baik, maka guru akan terberdayakan atau mendapat kepuasan dan apabila telah mendapat kepuasan tentu akan melahirkan kinerja yang baik. Artinya kinerja yang baik muncul dari motivasi kerja yang baik, dan dalam menjalankan tugasnya sebagai guru mendapat supervisi yang sesuai dengan kebutuhan dan kendala dalam proses pembelajaran. Guru diperlukan pembimbingan dalam menjalankan tugas dengan baik, dan membutuhkan motivasi kerja dalam dirinya atau perilaku kerja yang baik. Kinerja Guru sangat ditentukan oleh penguasaan empat kompetensi guru dan dalam melaksanakan tugas di butuhkan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap dirinya, sehingga bisa mengembangkan dirinya dengan baik. Kinerja guru akan semak emakin baik apabila supervisi dilaksanakan dengan baik.
Downloads
References
Aedi, Nur. (2014). Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teoridan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Agung, Iskandar dan Yufridawati. (2013). Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan Sinergis Antara Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Daryanto, H.M. (2011). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Tingkat Satuan.
Imron, Ali. (2012). Supervisi Pembelajaran Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Irwantoro, Nur dan Suryana, Yusuf. (2016). Kompetensi Pedagogik. Sidoarjo: Genta Group Production.
Mulyasa. (2012). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Purwanto, M. Ngalim. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. (2012). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Saud, Udin Syaefudin. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B dan Lamatenggo, Nina. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Memengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Nasir. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Konsep, Teori dan Model. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis
Wirawan. (2013). Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Wulan, Sarah. (2013). Hubungan Disiplin Dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Tiga Kecamatan Kota Depok, Vol 1 (2), 7, (online) https://www.google.com/03 Mei 2016. Akses 16 September 2025.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afdhal Jihad (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.